Rabu, 12 Juni 2013

DirectX

DirectX
DirectX (atau bisa disebut Direct3D) adalah kumpulan API untuk menangani berbagai tugas dalam pemrograman multimedia khususnya permainan komputer dalam sistem operasi Microsoft Windows. DirectX sendiri merupakan gabungan dari Direct3D, DirectDraw, DirectMusic, DirectPlay, dan DirectSound. DirectX SDK dapat diperoleh secara cuma-cuma dari Microsoft. Versi terbaru untuk Windows vista yang di luncurkan sekitar bulan januari 2007 adalah DirectX 10. DirectX bukan sesuatu yang asing bagi pengguna komputer, khususnya yang menggemari games maupun desain mendesain dengan komputer. Ya, DirectX merupakan salah satu toolkit yang terpasang di seluruh komputer. Bisa saja Anda baru mendengar istilah ini, namun jika di rumah Anda terdapat sebuah komputer, toolkit ini pasti sudah terpasang di dalam komputer tersebut.
DirectX atau disebut Direct3D merupakan kumpulan API (Application Programming Interface) untuk menangani tugas dalam pemrograman multimedia, khususnya permainan dan program desain komputer dalam sistem operasi Microsoft Windows. DirectX adalah gabungan dari Direct3D, DirectDraw, DirectMusic, DirectPlay, dan DirectSound.

CARA MENDIAGNOSA DAN MEMPERBAIKI DIRECTX

DirectX merupakan sebuah paket teknologi yang digunakan oleh banyak program multimedia di Windows. Program ini dikembangkan oleh Microsoft untuk memberikan akselerasi perangkat keras untuk aplikasi multimedia kelas berat seperti game 3D dan video HD. Windows 7 memiliki versi terbaru DirectX v11.
Jika Anda mengalami masalah permainan atau menonton film tapi tidak berjalan dengan baik, DirectX Diagnostic Tool dapat membantu Anda menunjukkan sumber masalahnya.
Jika ini adalah pertama kalinya Anda menggunakan DirectX Diagnostic Tool, Anda mungkin akan ditanya apakah Anda ingin memeriksa apakah driver anda tertandatangani digital (digitally signed ).
Klik Ya (Yes) untuk memastikan bahwa driver Anda telah ditandatangani oleh penerbit yang telah diverifikasi keasliannya.

  1. Periksa kartu video anda (VGA Card)
Beberapa program bekerja dengan sangat lambat atau tidak sama sekali kecuali Microsoft DirectDraw atau akselerasi hardware Direct3D telah diaktifkan. Untuk memastikan ini, klik tab Display, dan kemudian di bawah X Fitur Direct, periksa dan lihat apakah DirectDraw, Direct3D, dan AGP Tekstur Akselerasi muncul atau sudah diaktifkan. Jika tidak, coba nyalakan akselerasi hardwarenya.
    • Klik kanan pada desktop dan buka Resolusi Layar.
    • Klik “Advanced Settings”
    • Klik tab “Troubleshoot” kemudian klik “Change settings”
    • Gerakkan slider Akselerasi Hardware ke Full (Penuh).
Jika gagal, anda mungkin perlu memperbarui (update) driver video atau kartu, itu sendiri. Anda biasanya dapat menemukan driver terbaru untuk hardware Anda di bagian dukungan website produsen.
  1. Periksa alat pengendali permainan Anda
Jika sebuah joystick atau perangkat input lainnya gagal untuk merespon, atau mungkin tidak diinstal dengan benar. Pastikan perangkat muncul di tab Input. Jika tidak, instal ulang perangkat sesuai dengan instruksi dari pabriknya. Jika perangkatnya USB, cabut dan kemudian coba pasang kembali.
  1. Periksalah “unsigned” Driver
Sebuah driver perangkat keras yang tidak tertandatangai digital (digital signed) dan sudah di test oleh Microsoft Windows Hardware Quality Lab untuk kompatibilitas DirectX, Jika bendera Tool Diagnostik driver tidak tertanda, coba update lah drivernya dan download driver terbaru di website vga card nya masing masing.
Jika anda masih mengalami masalah dengan permainan atau film setelah menjalankan DirectX Diagnostic Tool, ada beberapa hal lain yang dapat Anda periksa.
  • Periksa mode tampilan aplikasi atau permainan Anda.
Ketika sebuah aplikasi DirectX 9 masuk ke mode layar penuh, resolusi aplikasi mungkin tidak sesuai dengan resolusi asli monitor LCD, resolusi monitor Anda dirancang untuk menampilkan berdasarkan ukurannya. Jika Anda melihat pita hitam di bagian atas atau sisi layar Anda di mana sebagian tidak digunakan, Anda dapat mencoba skala gambar layar penuh. Jika aplikasi Anda atau permainan memungkinkan Anda untuk memilih mode tampilan, Anda mungkin dapat mengubah pengaturan aplikasi atau permainan dan memilih mode yang sesuai dengan resolusi asli monitor LCD. Ini akan membantu Anda menggunakan semua layar dan masih melestarikan resolusi yang dimaksudkan aplikasi.
  • Periksa versi DirectX yang dibutuhkan aplikasi atau Game Anda.
Beberapa aplikasi dan game memerlukan DirectX 9. Namun, Windows 7 diinstal dengan versi DirectX yang lebih baru. Jika Anda menginstal aplikasi atau game yang membutuhkan DirectX 9, Anda mungkin menerima pesan kesalahan, seperti: “The program can’t start because d3dx9_35.dll is missing from your computer. Try reinstalling the program to fix this problem.”
dua digit terakhir dari nama file mungkin berbeda-beda. Jika Anda menerima pesan kesalahan yang sama setelah menginstal ulang aplikasi atau game, pergi ke halaman web DirectX End-User Runtime Web Installer dan ikuti petunjuk untuk menginstal DirectX 9 dan menerima update ke DirectX 9 dan DirectX versi sebelumnya.

 

 

Cara Kerja DirectX

Directx adalah interface antara hardware di dalam PC dan Windows. Untuk mengetahui cara kerjanya, mari kita lihat contoh praktis berikut. Pada saat pembuat game ingin memutarfile suara, harus digunakan fungsi library yang cocok.
Ketika game berjalan, DirectX API akan digunakan untuk memutar filesuara. Sementara itu, pembuat game tidak perlu tahu jenis sound card apa yang digunakan, apa yang dapat dilakukannya, dan bagaimana berbicara kepada alat tersebut.
Hal ini karena Microsoft sudah menyediakan DirectX dan pabrikan sound card juga sudah menyediakan driver berkemampuan DirectX.Software ini berfungsi menanyakan suara yang ingin dimainkan pada mesin apapun. Direct juga memberikan kemudahan yang besar kepada para gamer, misalnya secara teori.
Pada awal kemunculannya, DirectX hanyalah toolkit sederhana. Bersamaan dengan perkembangan hardware dan software yang semakin kompleks, DirectX pun mengalami perkembangan. DirextX tidak sekadar toolkit grafis, tetapi sudah meliputi banyak rutin yang menangani semua jenis komunikasi hardware.
Contohnya, rutin DirectInput mampu menangani semua jenis perangkat input dari mouse  sederhana dengan dua tombol sampai flight joystick yang kompleks. Bagian lainnya adalah DirectSound untuk perangkat audio dan DirectPlay yang menyediakan toolkit untuk bermain game secara online atau multiplayer.



Analisis Masalah DirectX

Menganalisis masalah instalasi DirectX bisa jadi menyulitkan. Terlebih, jika tidak mengetahui bagian mana yang membuatgame tidak dapat dimainkan. Untuk itulah, Microsoft menyediakan utilitybernama DirectX Diagnistic Tool. Tool ini tidak ditemukan pada Start Menu pada Windows versi berapa pun dan cenderung menginstal pada tempat yang berbeda.
Cara termudah untuk mengoperasikannya adalah dengan membuka dialog Run dari Start Menu. Setelah itu, ketik dxdiag, kemudian klik OK. Pada saat pertama dijalankan, tool ini membutuhkan beberapa detik untuk menanyakan instalasi DirectX dan memeriksa jika ada masalah.
Tab DirectX File menampilkan setiap versi yang dipakai. Notes pada bagian bawah juga perlu dilihat karena file yang hilang akan ditandai di sini. Tab Display, Sound, Music, Input, dan Network, semuanya berhubungan dengan bagian tertentu dari DirectX.
Semuanya menyediakan tool untuk mengetes fungsi hardware kecuali tab Input. Hal terakhir adalah tab More Help yang memberikan cara mudah menjalankan DirectX Troubleshooter (cara Microsoft memecahkan masalah umum DirectX).



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar